Kapan kau akan ubah doamu?

“TOLONG SAYA!” DAN DIA MULAI MERINTIH-RINTIH PADA MANUSIA..

Entah sudah berapa chat, email, atau WA yang saya terima.. isinya hampir sama:
“Mas tolong saya, adakah orang yang bisa minjemin saya uang tanpa riba, biar saya gunakan untuk bayar utang bank, nanti saya cicil tanpa bunga setiap saya ada rejeki. Saya janji akan melunasi utang saya…”

Mmmm… bener gak sih kayak gitu?
Kamu pelakunya? Atau masih suka kayak gitu sampai detik ini?

Saya dulu pernah begitu! Menggadaikan diri ke seorang temen agar saya mendapat pinjaman lunak darinya, buat bayar utang saya di bank..

Cair duitnya?
Boro-borooo cair! Yang ada malah merasa lebih terhina! Sampai akhirnya sebuah ceramah dari Aa Gym menyadarkan saya..
“Selama masih bersandar pada manusia, maka gak bakal ketemu itu solusi. ALLAH malah dilupakan karena kita sibuk mengejar pertolongan manusia! Padahal ALLAH lah yang punya solusi, ALLAH yang bisa menolong! Kejarlah ampunan ALLAH, beneeerr-benerrr taubat! Ketika ampunan ALLAH sudah kita genggam, maka ALLAH akan hadirkan banyak solusi dari jalan yang tidak kita duga-duga..”
JLEB! JLEB! JLEB!!

Memantaskan diri… itulah kuncinya!

Doa saya ubah begini: “Ya ALLAH, berilah kekuatan dan kemampuan menyelesaikan utang-utang saya. Tunjukkan pintu dari segala arah ya ALLAH yang bisa saya buka untuk meraih rejekiMu yang halal dan berkah.. dari arah manapun yang terbaik menurutMu”
Aaamiiin…

Padahal dulu doanya gini.. “ya ALLAH hadirkan orang yang bisa menolongku! Memberikan aku pinjaman tanpa bunga untuk melunasi utangku!”
Gileee… musrik!! Bersandar pada manusia..

Anehnya, ketika doa sudah diubah, visi juga diluruskan, mulai terbuka banyak keajaiban.. satu persatu muncul dari jalan yang tidak terduga-duga! Mengejar ampunan ALLAH dan ALLAH akan hadirkan solusinya… gituh!

Alhamdulillaaah.. Utang saya selama 6 tahun di bank, selesai dalam waktu 10 bulan..

Ternyata, banyak orang yang juga mengalami bebas dari utang dan riba setelah mengubah visi hidupnya, cara berdoanya, dan juga bener-bener memperbaiki ibadahnya.. yakin total ke ALLAH bahwa sebesaaaar apapun masalah yang kau miliki, masih ada ALLAH yang jauuuuuuh lebih BUESAAARR!!

Kapan kau akan ubah doamu?
Kapan kau akan berpaling dari manusia?