TIPS MEMANFAATKAN KEUTAMAAN 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH

TIPS MEMANFAATKAN KEUTAMAAN 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH 🌷

– 15 Sep 2015 10:30

KIBLAT.NET – Allah SWT dalam sejumlah ayat secara khusus membicarakan keutamaan sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Di antaranya, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Fajr ayat 1-2, yang artinya “Demi Fajar, dan malam-malam yang sepuluh”. Ahli Tafsir menjelaskan, malam-malam yang sepuluh maksudnya adalah sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah.

Dalam hadist juga disebutkan, Rasulullah SAW “Tidak ada amal shaleh yang lebih utama darinya, kecuali sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah, Para shahabat berkata: “Wahai Rasulullah, (apakah melebihi keutamaan) jihad di jalan Allah? Beliau bersabda: “(Ya, melebihi) jihad di jalan Allah, kecuali seorang yang keluar (berjihad di jalan Allah) dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak ada yang kembali sedikitpun (darinya)”. (HR. Bukhari)

Di bawah tips-tips amalan utama untuk memanfaatkan waktu yang hanya datang sekali dalam setahun itu:

Tips Pertama:

Memperbanyak tilawah Al-Quran. Berikut cara merealisasikannya:

Pertama: Setiap hari membaca satu juz penuh
Kedua: Setiap hari membaca dua juz penuh
Ketiga: Setiap hari mengkhatamkan Al-Quran

Tips  Kedua:

Menyambut pagi dengan Shalawat dan menyibukkan diri dengan ketaatan-ketaatan berikut:

Berdoa, termasuk doa yang berisi meminta ampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat.Membasahi lisan dengan dzikir, sepertisubhanallah wa bihamdihi dan subhanallahil adzim. Dua doa itu disukai Allah dan memperberat timbangan amal.

Tips Ketiga:

Tidak mengabaikan shalat-shalat Sunnah selama sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, di antaranya:

Dua rekaat di waktu DhuhaDua rekaat di waktu SahurShalat Qabliyah dan Bakdiyah

Tips Kelima:

Menghidupkan tiga waktu penting untuk dzikir, doa, istighfar, shalawat dan membaca Al-Quran. Tiga waktu itu adalah:

Pertama: Sebelum waktu fajar, khususnya memanjatkan doa dan istighfar
Kedua: Setelah Shalat Subuh hingga terbitnya Matahari. Pada waktu ini terlebih dianjurkan membaca dzikir pagi
Ketiga: Setelah Shalat Maghrib hingga waktu Shalat Isya. Pada waktu ini membaca dzikir petang.

Tips Keenam:

Mengingatkan orang-orang di sekeliling dari keluarga, kerabat dan teman, tentang keutamaan amal shalih di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka Anda mendapatkan pahala mengingatkan. Mengingatkan juga bermanfaat bagi orang Mukmin (meski melalui Wahtsapp).

Tips Ketujuh:

Puasa selama sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, kecuali tanggal 10. Pahalanya tidak ada yang menyamai, karena Allah ta’ala berfirman: “Puasa adalah untukku dan aku sendiri yang membalasnya”, (HR. Bukhari).

Tips Kedelapan:

Berusaha mengeluarkan ucapan-ucapan yang menimbulkan pahala di sisi Allah, seperti Tahlil, Tahmid, Takbir, Tasbih, kalimat La Haula Wala Quwwata Illa Billah, Istighfar, Kalimat Thayyibah (tauhid), perkataan makruf, mengingkari kemungkaran, Shalawat, mendamaikan antara manusia, firman Allah: “Dan tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka,kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah,atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian diantara manusia“. (QS. An-nisa:114)

Tips Kesembilan:

Memperbanyak kalimat, سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله والله اكبر dalam setiap kesempatan di sepuluh hari pertama Dzulhijjah, baik dalam keadaan sendiri, di antara keluarga atau teman.

Tips Kesepuluh:

Puasa Arafah, karena mampu menghapus dua tahun kesalahan dan dosa serta merencanakan kegiatan sejak pagi hingga tenggelamnya Matahari hari Arafah.

Tips Kesebelas:

Memberi buka sebagian orang puasa di hari Arafah, maka kalian mendapatkan pahala sesuai pahala puasa mereka tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Anda bisa memberi buka kepada jamaah masjid, kerabat, teman atau masyarakat muslim secara umum. Berilah buka walau hanya satu orang.

Tips Keduabelas:

Awali harimu dengan shadaqah meskipun dengan segenggam kurma yang bisa membahagiakan orang-orang faqir, miskin atau orang yang membutuhkan. Sesungguhnya shadaqah memadamkan kemurkaan Allah SWT.

Tips Ketigabelas:

Memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal kebaikan di sepuluh hari pertama Dzulhijjah ini.

Sebarkanlah tips ini kepada setiap Muslim sebagai pengingat mereka untuk memanfaatkan sebaik-baiknya waktu ini…

Penulis: Sulhi El-Izzi
Editor: Hunef Ibrahim