Mencampur Dua Produk di Dapur Ini Bisa Membunuh Anda (science)

mencampur-bahan
Di dapur Anda mungkin banyak sekali produk yang biasa digunakan, seperti pembersih lantai, pembersih toilet, atau pemutih baju. Ya, beberapa produk memang membantu Anda, terutama untuk menjaga kebersihan.

Namun tahukah Anda, jika mencampur beberapa produk berbeda menjadi satu bisa sangat berbahaya, bahkan membunuh Anda. Apalagi beberapa produk tersebut dibuat oleh bahan kimia yang sangat kuat.

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bahwa beberapa kombinasi ini bisa melepaskan gas beracun, yang membuatnya menjadi ancaman serius bagi kesehatan yang, bahkan ada kaitannya dengan kerusakan paru-paru dan otak.

Dikutip dri Healthy Food team, pencampuran bahan-bahan berikut sangat dilarang karena akan membuat kesehatan terganggu, bahkan bisa menyebabkan kematian.

1. Pemutih dan amonia

Kombinasi pemutih dan amonia bisa menyebabkan pembentukan asap beracun, sebagian besar chloramines, yang sangat berbahaya bagi mata Anda. Dan juga tidak boleh dihirup.

2. Klorin pemutih dan cuka

Setiap asam, termasuk cuka, menjadi sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan klorin, karena gas klorin yang beracun akan terlepaskan ke udara.

3. Baking soda dan cuka

Kombinasi ini mungkin benar-benar efektif untuk membersihkan, tapi itu adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Masalahnya adalah bahwa baking soda atau natrium bikarbonat bereaksi dengan asam asetat, yang ditemukan dalam cuka, dan menghasilkan natrium asetat, air, dan karbon dioksida sebagai hasilnya. Selain itu, perpaduan cuka dan baking soda di wadah tertutup, dapat mengakibatkan ledakan.

4. Alkohol dan pemutih

Kombinasi alkohol dan pemutih pada kenyataannya merupakan kombinasi kloroform dan asam klorida, yang sangat berbahaya. Gunakan pemutih sendiri, adalah pilihan yang jauh lebih aman.

5. Hidrogen peroksida dan cuka

Meskipun umumnya digunakan sebagai perangkat pembersih, kombinasi ini menghasilkan pembentukan asam perasetat, yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan luka pada kulit, mata dan sistem pernapasan.

6. Dua pembersih yang berbeda

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa pencampuran dua pembersih berbeda, misalnya pembersih jendela dan lantai akan memberikan hasil yang lebih baik. Justru pencampuran kedua jenis pembersih sangat berbahaya, apalagi jika Anda tidak mengetahui komposisinya.

Semoga bermanfaat, dan bijak dengan setiap produk yang ada di dapur Anda.

sumber : beritauaja.com