SURIAH

🔴 SURIAH

Republik arab suriah adalah negara yg terletak ditimur tengah.
Berbatasan dgn negara turki disebelah utara, irak ditimur dan yordania di selatan.
Damaskus adalah ibukotanya.

🔴 JUMLAH PENDUDUK SURIAH

~ 79% sunni ( islam )
~ 8% Nushairiyyah ( syiah )
~ 3% druze ( syiah )
~ 9% nasrani
~ 1% masing2 syiah jafariyyah, syiah ismailiyyah dan yazidiyyah.
~ 70.000 org yahudi
🔴 PERKEMBANGAN POLITIK SURIAH.

pada perang dunia ke1 thn 1914-1918M, bangsa arab digerakan oleh syarif husain membantu pasukan perancis dan ingris memerangi pasukan khilafah turki usmani.
Akibat peperangan tersebut, wilayah syam jatuh ketangan perancis dan inggris lalu dibagi menjadi 4 negara :

  1. Palestina dan yordania jatuh ditangan inggris, disini inggris memberi tanah untuk org yahudi yg akhirnya menjadi negara yaitu israel dgn mencaplok tanah palestina.

  2. Suriah dan libanon jatuh ketangan perancis.
    🔴 RAJA SURIAH PERTAMA.

Konfrensi umum rakyat suriah pada thn 1920M mengangkat faisal bin syarif husain, sekutu perancis dlm perang dunia ke1 yg membantu perancis dlm memerangi khilfah turki usmani sebagai Raja Suriah pertama.
🔴 PERANCIS MEMBAGI SURIAH MENJADI 4 NEGARA.

Diperjalan waktu kepemerintahan raja suriah faisal bin husain, rupanya perancis sudah mulai tidak lagi menyukai raja faisal bin husain yg tidak mau tunduk dgn perncis,.

Perancis sebagai negata penjajah yg menang dlm perang dunia 1, mengerahkan pasukannya untuk menggulingkan pemerintahan faisal bin husain.

Pada thn 1920M pecahlah perang hebat antara pasukan suriah dan pasukan perancis, dan akhirnya dimenangkan perancis.

Untuk melemahkan suriah maka Perancis kemudian memecah belah suriah menjadi 4 negara yaitu :
1. Negara Damaskus
2. Negara aleppo
3. Negara Alawiyyin ( negara syiah nusairiyyah )
4. Negara druze ( syiah druze )

Namun upaya perancis mendapat perlawanan keras dari rakyat suriah hingga terjadilah perang hebat antara perancis dan rakyat suriah thn 1925-1930.

Perlawanan rakyat suriah itu memaksa perancis memeberikan pengakuan ” semi merdeka ” thn 1936M.

Lalu ketika terjadi perang dunia ke2, perancis kembali ingin menguasai suriah dgn kekuatan militernya, namun hal ini menimbulkan persaingan dgn inggris yg ketika itu juga inggris ingin menguasai suriah, sehingga memaksa perancis untuk mengakui kemerdekaan suriah pada thn 1941M. Dgn syarat pasukan militer perancis masih bertahan disuriah.
🔴 PRESIDEN REPUBLIK SURIAH PERTAMA

Thn 1943M, syukri qautli terpilih sebagai presiden pertama republik suriah.
Dan pada thn 1946M pasukan perancis ditarik keluar dari suriah,.

Namun priode setelah itu suriah diwarnai dgn berbagai kudeta militer yg dirancang oleh kedutaan besar Amerika di Damaskus.

🔴 AS DAN CIA MENDALANGI PERISTIWA KUDETA MILITER DI SURIAH SEJAK TAHUN 1949M.
Melalui kedubesnya di damaskus, amerika serikat dan badan intelijen AS ( CIA ), telaj memimpin upaya kudeta militer pertama kalinya disuriah pada thn 1949, sebagaimana dinyatakan dalam sebuah buku ” the game of nations ” oleh miles copeland.

Hal ini menandai awal dari peperangan international memperebutkan timur tengah antara AS sebagai pendatang baru di kancah pertarungan dunia dan eropa ( ingris dan perancis ) yg berpengaruh dikawasan tersebut lebih awal, namun ingris dan perancis mengalami kelemahan ekonomi dan militer setelah perang dunia ke1 dan ke2.

Amerika serikat melalui CIA terus menerus mendukung upaya kudeta militer yg susul menyusul disuriah dari thn 1950-1960 melawan pesaingnya dari negara2 eropa, hal ini membawa ketidakstabilan yg berlangsung lama lebih dari dua dekade.
🔴 KUDETA MILITER

Pada thn 1967M, presiden Amin Hafizh y berasal dari muslim sunni dikudeta oleh militer yg didominasi partai sosialis ba’ats.

👉🏻 partai ba’ats = terdiri dari orang2 kafir kristen, syiah druze, syiah ismailiyah dan syiah nushairiyyah.

Dan pada tahun itu juga 1967M, mentri pertahanan suriah yg berasal dari syiah nushairiyah dan tokoh penting dalam partai ba’ats yaitu Hafiz Asad, memerintahakan pasukannya untuk mundur dari dataran tinggi golan agar pasukan penjajah israel bisa merebut wilayah strategis tersebut tanpa mengeluarkan sebutir peluru pun.

Atas pengkhianatan Hafiz Asad tersebut, amerika dan barat memberinya hadiah sebagai presiden suriah sejak 22 februari thn 1971 sampai kematiannya tgl 10 juni 2000M.
Kekuasaannya dilanjutkan oleh anaknya yaitu Basyar Asad, yg memimpin dari thn 2000 hingga sekarang thn 2015.

Negara suriah ikut mendukung kampanye perang AS melawan Iraq dan ikut mengirimkan pasukannya sebanyak 14.500 tentara dan personel untuk membantu AS dalam invasi militer ke Iraq.
🔴 KERJASAMA INTELIJEN ANTARA CIA DAN SURIAH DALAM PENYIKSAAN TAHANAN SEJAK 2001.

Hubungan dekat antara CIA dan rezim suriah nampak begitu hangat, bahkan berlangsung ketika rezim suriah dicap sebagai negara bengis, rezim suriah memberikan pelayanan untuk melakukan pekerjaan kotor dgn CIA.

Rezim suriah mempergunakan badan intelijen yg dimilikinya untuk mengorek informasi dari tahanan dan tawanan perang melalui penyiksaan untuk kepentingan CIA.
Salah satu kasus terkenal yg mendapatkan sorotan pemberitaan international adalah kasus yg menimpa warga negara Kanada yaitu Maher Arar.
🔴 PEMERINTAHAN DIKTATOR

Periode pemerintahan rezim nushariyah suriah sejak zaman Hafiz Asad pada 22 februari 1971 sampai thn 2000 adalah pemerintahan teror, represif, diktator, serta peperangan terhadap agama islam dan kaum muslimin.
Hal itu menyebabkan rakyat muslim suriah bangkit melakukan jihad melawan kekafiran dan penindasan rezim Nushairiyah suriah.

💥 Gerekan jihad yg paling terkenal pada masa tersebut adalah :

👉🏻1. Jihad islam yg pimpin oleh syaikh Marwan Hadid dan dilanjutkan oleh kader2nya pada periode 1973-1983M.
Jihad tersebut mendapat dukungan luas ulama dan masyarakat islam suriah. Namun rezim Nushairiyah mempergunakan segala bentuk kebiadaban untuk menumpas jihad tersebut, termasuk dgn menghancurkan mesjid2, membakar mushaf2 Alquran dan membantai puluhan ribu warga sipil muslim yg tak berdosa.

Kebiadaban tersebut mencapai puncaknya pada februari 1982M ketika pesawat tempur, tank, da arteleri militer rezim nushairiyah suriah membantai lebih dari 50.000 warga muslim di propinsi Hamah.
Kebiadaban itu dilanjutkan dgn penangkapan masal terhadap puluhan ribu anak2, wanita, pemuda, dan orang tua.
Dan lebih dari 25.000 warga sipil muslim dibantai oleh rezim suriah dalam penjara2.

👉🏻2. Pada masa pemerintahan Basyar Asad, sekitar pertengahan Maret 2011, Revolusi rakyat muslim suriah kembali pecah.

Rakyat muslim suriah menentang rezim nushairiyah suriah.
Revolusi damai yg melibatkan 80% penduduk muslim suriah itu ditanggapi dgn tindakan represif dan teror oleh rezim Nushairiyah suriah.
Dan puncaknya ketika ada seorang anak kecil yg menulis kejelekan2 Basyar Asad di dinding di tangkap oleh tentara rezim dan disiksa dgn cara dikelupas kulitnya dan di beri cairan kimia yg dituangkan ke kulit yg terkelupas, ketika anak itu teriak2 kesakitan, tentara rezim pun bersorak2 dgn mengtakan ” partai ba’ats adalah agama kami dan basyar Asad adalah Tuhan kami ”

Revolusi suriah kemudian berkembang menjadi gerakan jihad rakyat muslim suriah.
Rakyat muslim membentuk kelompok2 jihad yg dinamakan tentara pembebasan suriah ( FSA / Free Syrian Army ), bersama kelompok2 jihad islami menghadapi militer rezim suriah yg didukung oleh militer rezim syiah Iran, rezim syiah Iraq, milisi syiah Hizbulloh libanon dan rezim komunis Rusia.
🔴 KELOMPOK JIHAD YG MENONJOL DISURIAH.

Diantara kelompok jihad islam yg paling menonjol adalah :

  1. Mujahidin Jabhah An-Nushroh.

  2. Mujahidin Brigade Ahrar Asy-Syam

  3. Mujahidin Jama’a Thali’ah Islamiyah

  4. Mujahidin Al-Fajr Al-Islamiyah

  5. Mujahidin Al-Ummah

Mujahidin islam saat ini banyak meraih kemenangan2 gemilang di sebagian besar wilayah suriah.

Rezim suriah yg didukung oleh rusia, iran, iraq dan china semakin sempoyongan.
🔴 MUJAHIDIN MENJADI DAFTAR TERORIS OLEH AMERIKA.

Karena ketakutan jika rezim Nushairiyah sang anjing pengawal negara israel itu tumbang, akhirnya Amerika memasukan kelompok mujahidin Jabhah An-Nushrah dalam daftar baru kelompok teroris international.

Namun rakyat suriah dan mujahidin islam tidak tertipu dgn konspirasi jahat Amerika untuk melindungi israel dan anjing penjaga israel rezim suriah tersebut.

Rakyat islam suriah dan mujahidin suriah bahu membahu untuk menumbangkan rezim Nushairiyah suriah, mengakan Daulah islamiyah yg menerapkan syariat islam di suriah dan membebaskan palestina dari tangan penjajah zionis israel.
Wallahualam…

Oleh : Abu Fatiah Al-Adnani

Dikutip dari kitab biladun akhiril zaman.