Cara Menggunakan Aplikasi E-Faktur

Apa itu E-Faktur?

E-faktur pajak atau faktur pajak elektronik adalah Faktur Pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan dan/atau disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Pasal 1 ayat (1) Per 16/Pj/2014)

Kapan E-Faktur ini wajib kita pergunakan?

  • Mulai 1 Juli 2014, bagi PKP tertentu (45 PKP) sebagaimana ditetapkan dalam KEP-136/PJ/2014;
  • Mulai 1 Juli 2015, bagi PKP yang terdaftar di KPP di wilayah Pulau Jawa dan Bali; dan
  • Mulai 1 Juli 2016, bagi seluruh PKP
Mulai tanggal 1 juli kemarin E-faktur wajib dipergunakan oleh PKP yang sudah mendaftarkan dirinya ke kantor pajak. lalu seperti apa contoh dari E-faktur tersebut. kira kira E-faktur tersebut akan nampak seperti ini.
contoh-faktur-elektronik
Bentuk E-faktur tersebut adalah seperti gambar di atas, dengan menggunakan e-faktur ini kita tidak perlu lagi mempergunakan tanda tangan basah, cukup dengan tanda tangan elektronik berbentuk seperti QRcode maka tandatangan tersebut telah dinyatakan sah dan dapat dipergunakan dan dapat dikirim juga menggunakan email.
skema
Aplikasi efaktur pajak ini dapat juga kita jadikan sebagai aplikasi client server seperti pada artikel saya dengan judul Setting eFaktur Menjadi Aplikasi Client Server.
Dengan mempergunakan aplikasi e-faktur menjadi aplikasi client server maka kita dapat dengan mudah mempergunakan aplikasi tersebut karena aplikasi tersebut dapat di pergunakan oleh banyak orang sekaligus.

Langkah-langkah mempergunakan E-faktur

Pada artikel berikut ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah artikel mengenai cara pakai  aplikasi E-faktur tersebut. saya berharap dengan artikel berikut ini kita dapat dengan mudah mempergunakan aplikasi e-faktur ini
langkah pertama buka aplikasi e-faktur tersebut dengan mengklik dua kali aplikasi e-faktur yang sudah anda miliki dengan mengklik aplikasi dengan nama ETaxInvoice sebagai berikut:
exttext
Setelah anda klik 2 kali aplikasi dengan nama tersebut, anda akan dibawa ke halaman dimana Anda diharuskan untuk menkoneksi kan database ke pc atau laptop yang anda miliki, sebelumnya aplikasi ini merupakan aplikasi yang mewajibkan penggunanya untuk melakukan koneksi ke internet, anda dapat mempergunakan koneksi dari modem usb untuk melakukan koneksi ke aplikasi ini. Pada tahap ini anda dapat memilih Connect dan masukkan password dan username anda yang telah anda buat sebelumnya.
login-e-faktur
Pada tahap ini kebetulan saya menggunakan nama Admin dan username 123 untuk mempergunakan aplikasi ini, namun jika anda mempergunakan username dan password yang berbeda maka masukkan nama dan password yang anda telah masukkan sewaktu pertama kali anda membuat password dan username anda.
Langkah-langkah pembuatan E-faktur sangat lah mudah, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.
Menambah lawan transaksi
Untuk sebelumnya kita perlu untuk menambah lawan transaksi kita, kita dapat memasukkan lawan transaksi kita dengan cara kita masuk ke  Referensi – lawan transaksi – Administrasi lawan transaksi
lawan-transaksi
Untuk menambahkan silahkan klik tombol “tambah” dan pada form berikutnya kita akan diminta memasukkan data-data dari lawan transaksi kita. Dalam menambahkan data-data lawan transaksi kita, kita diharapkan untuk memasukkan data-data tersebut dengan lengkap, hal ini dikarenakan data tersebut akan disamakan oleh kantor pajak. untuk gambar dari langkah ini dapat kita lihat pada gambar berikut ini:
tambah-lawan-transaksi
Jika anda berhasil memasukkan data dari lawan transaksi anda, maka data tersebut akan muncul pada form lawan transaksi, untuk menampilkan nya anda dapat menekan tombol “Perbaharui” yang ada pada halaman tersebut. anda dapat juga merubah atau menghapus data tersebut dengan menekan tombol “ubah” atau “hapus”.

Menambah Barang atau jasa

Pada menu berikut ini kita di minta untuk menambahkan barang atau jasa yang kita miliki. kegunaan dari menu ini adalah agar kita dapat memasukkan barang atau jasa yang kita pergunakan pada transaksi yang kena pajak. cara menambahkannya sama dengan cara kita menambahkan lawan transaksi anda cukup masuk ke menu Referensi – lawan transaksi – Administrasi barang / jasa.
barang-dan-jasa
Jika anda menekan menu tersebut maka akan muncul menu baru dan kita di sini diminta untuk memasukkan barang dan jasa yang kita miliki, pada halaman berikutnya silahkan anda klik tombol “tambah” untuk menambah barang atau jasa yang anda miliki.
tambah-barang-dan-jasa
Pada kode barang kita dapat membiarkannya kosong hal ini jika barang yang kita jual memiliki harga yang fluktuatif atau naik turun. jika anda sudah mengisi form yang ada pada menu tersebut kita dapat menyimpan nya dan menekan tombol “perbaharui” untuk melihat data yang telah kita masukkan ke form tersebut, untuk menambah dan menghapus anda dapat menekan tombol “Ubah” dan “Hapus”.

Menambahkan Nomor Faktur

Dalam pembuatan faktur pasti kita akan diminta untuk memasukkan nomor faktur yang kita miliki, pada aplikasi ini, untuk menambahkan nomor faktur kita dapat menekan tombol referensi-referensi nomor faktur, atau anda dapat melihat gambar dibawah ini untuk dapat memasukkan nomor faktur yang kita miliki.
nomor-faktur
 Setelah anda menekan menu tersebut maka halaman untuk memasukkan nomor faktur akan tampil, untuk menambahkan nomor faktur kita dapat menekan tombol rekan range nomor faktur dan halaman untuk mengisi nomor faktur yang kita miliki akan tampil.
menambah-nomor-faktur
Pada halaman berikut ini anda dapat mengisi nomor faktur sisa yang masih anda miliki saat ini lalu save, anda juga dapat menambahkan nomor faktur baru yang anda sudah dapatkan dari kantor pajak ke aplikasi ini dan jika nomor faktur yang lama anda sudah habis maka secara otomatis aplikasi ini akan menggunakan nomor faktur baru yang sudah anda masukkan.

Membuat E-Faktur Pajak Keluaran

Setelah kita melakukan pengisian-pengisian sebelumnya, kita selanjutnya dapat membuat E-faktur itu sendiri, untuk membuat e-faktur tersebut kita dapat masuk ke menu Faktur-Pajak keluaran-administrasi faktur. atau kita dapat mengikuti gambar berikut ini.
faktur
Selanjutnya kita akan dibawa pada form dimana kita dapat melakukan pembuatan faktur tersebut, untuk membuat e-faktur anda dapat menekan tombol “Rekam Faktur” maka akan muncul halaman pembuatan faktur seperti gambar berikut ini.
efaktur
Pada form Referensi faktur kita isi jika transaksi yang kita pergunakan menggunakan mata uang asing, jadi pada referensi faktur tersebut kita isi dengan nilai Valuta asing yang kita pergunakan, jika kita tidak mempergunakan mata uang asing untuk transaksi maka kita tidak perlu mengisi form tersebut. jika sudah kita dapat menekan tombol “Lanjutkan” untuk memproses tahap selanjutnya.
Pada tahap ini kita akan diminta untuk memasukkan data dari lawan transaksi kita, kebetulan lawan transaksi kita telah kita masukkan pada tahap awal tadi jadi kita dapat mencari lawan transaksi kita dengan menekan tombol “Cari NPWP”, pada halaman berikutnya kita dapat memilih cara kita menemukan lawan transaksi kita, kita dapat menekan tanda kebawah pada “NPWP” dan memilih untuk mencari nama atau nomor NPWP dari lawan transaksi kita, selanjutnya masukkan nomor Nomor “npwp” sebagai kata kunci atau “nama” lawan transaksi kita untuk menemukan lawan transaksi kita, jika sudah mengetik kan nomor “NPWP” atau “Nama” dari lawan transaksi kita kita dapat menekan tombol “Cari” Untuk menemukan lawan transaksi kita.
carilawan-transaksi
Klik pada nomor NPWP dari lawan transaksi kita maka data dari lawan transaksi kita akan muncuk pada halaman sebelumnya, Jika data dari lawan transaksi kita sudah benar maka kita dapat menekan tombol “Lanjutkan” untuk melanjut untuk memproses e-faktur kita.
Pada tahap selanjutnya kita akan diminta untuk memasukkan barang yang kita transaksi kan atau kita jual kepada lawan transaksi kita, untuk mencari barang, kita dapat menekan tombol
detil-barang
Kita dapat menekan tombol “Rekan Transaksi” untuk memulai memasukkan data barang yang kita transaksikan kepada lawan transaksi kita, tahap selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan barang dan jumlah yang ditransaksikan, untuk mengambul nama barang yang kita transaksi kan kita dapat menekan tombol “Cari Barang/Jasa” dan barang atau jasa tersebut dapat kita cari berdasarkan nama atau kode barang seperti halnya pada nama lawan transaksi kita tadi. jika sudah menemukan barang/jasa yang kita transaksi kan kita dapat menekan pada nama barang tersebut lalu memasukkan jumlah transaksi kita dan menekan tombol “simpan” jika kita sudah yakin bahwa jumlah barang tersebut benar, jika anda ingin menambahkan barang baru lagi silahkan gunakan cara yang sama dengan cara memasukkan barang dan jasa tadi.
Jika barang dan jasa yang kita masukkan sudah benar, maka kita dapat menekan tombol “simpan” untuk menyimpan transaksi tersebut.
barang-dan-jasa-simpan
selanjutnya kita akan melakukan proses upload faktur pajak tersebut, jika anda belum yakin dengan data yang anda masukkan ini telah benar maka saya sarankan anda untuk melakukan pengecekan kembali, karena jika kita sudah melakukan proses upload maka data yang sudah kita masukkan tidak dapat kita rubah kembali, dan untuk melakukan perubahan kita diharuskan untuk melakukan penggantian faktur dengan menekan tombol “Pengganti”. untuk mengupload faktur yang sudah kita buat tadi, kita harus memilih faktur yang kita ingin upload dengan menekan pada faktur yang tadi kita buat.
upload-faktur
untuk melihat faktur yang kita buat kita dapat melihatnya dengan menekan tombol “Preview” dan jika kita telah yakin bahwa faktur yang kita buat telah benar maka selanjutnya anda dapat menekan tombol “Upload” untuk mengupload faktur yang kita telah buat tadi. jika status aproval telah sukses maka kita dapat menekan tombol “PDF” untuk melakukan pencetakan e-faktur yang kita miliki tersebut.
Untuk proses pembuatan  faktur pajak masukkan pada aplikasi e-faktur pajak maka artikel saya selanjutnya dengan judul yaitu Cara Membuat Faktur Pajak Masukkan Pada E-Faktur Pajak  dapat anda baca jika anda ingin membuat faktur pajak masukkan dengan mempergunakan aplikasi e-faktur pajak.
Demikian proses dari pembuatan e-faktur saya harap dengan menerbitkan artikel ini dapat membantu rekan-rekan sekalian dalam melakukan proses pembuatan e-faktur ini.
Video Tutorial Cara Mempergunakan E-faktur Pajak
sumber : nbcdns.com